Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Adas Untuk Kesehatan - Hallo sahabat Info Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Adas Untuk Kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, Artikel Kabar, Artikel Kesehatan, Artikel News, Artikel Obat Herbal, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Adas Untuk Kesehatan
link : Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Baca juga


Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Adas Untuk Kesehatan - Adas atau yang dikenal juga dengan nama Foeniculum Vulgare/ Apiaceae ini merupakan salah satu tanaman yang sudah lama ada dan dikenal di nusantara. Adas sendiri biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur untuk memasak, dan di buat menjadi minyak adas untuk keperluan pengobatan. Adas memang termasuk sebagai tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat, sepertinya hal ini sudah di ketahui oleh orang sejak zaman dulu. Menurut sejarah adasa diketahui berasal dari daerah laut timur (timur italia sampai suriah). Tumbuhannya sendiri berbentuk kecil, berbau harum, tegak, dan berwarna hijau. Sementara buahnya adalah biji kering dengan panjang sekitar 4-9 mm, biji inilah yang sering di gunakan sebagai bumbu dapur dan sebagai ramuan untuk obat.

Adas memang termasuk sebagai tanaman yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia, oleh karena itu penggunaan adas sebagai bumbu masak atau pun sebagai obat memang sudah teruji dan terbukti aman. Namun meskipun aman untuk dikonsumsi, adas tidak dianjurkan pada ibu hamil dan dosis aman konsumsi adas perharinya adalah 5-7 gram. Sementara untuk dosis harian pemakaian minyak adas yaitu 0.1-0.6 ml minyak perhari atau sesuai dengan kebutuhan saja, namun perlu diingat jangan berlebihan. Manfaat adas untuk kesehatan memang sudah diketahui sejak zaman dulu, dan sering sekali dimanfaatkan menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain itu mengkonsumsi adas juga dikatakan bisa menambah stamina, berikut ini informasi lengkap tentang manfaat dari adas yang dapat anda simak. Langsung saja ini dia Manfaat Adas Untuk Kesehatan :


Manfaat Adas Untuk Kesehatan


  • Mencegah Penuaan Dini

Adas memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sintesis kolagen pada kulit anda. Kandungan citamin B dan vitamin C yang terkandung di dalam adas ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban, kekencangan dan elastisitas kulit tubuh, sehingga kulit tidak akan terlihat kering atau berkeriput, dan hasilnya kulit anda akan terlihat kencang dan awet muda. Untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa dari adas ini anda bisa mengkonsumsi adas dengan menambahkannya pada makananan yang anda konsumsi atau dengan memanfaatkan minyak adas. Sebuah studi menunjukan bahwa krim kecantikan yang mengandung adas, mampu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, sehingga kulit akan terlihat segar dan tampak muda. Selain itu juga bersifat anti-penuaan dini.

  • Mencegah Kanker

Adas mengandung berbagai nutrisiyang berperan penting dalam melawan sel-sel kanker. Kandungan Phytonutrisi anti-inflamasi yang di sebut anethole merupakan zat alami yang aktif untuk melawan sel-sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker bahkan sel kanker payudara. Sebuah studi menemukan bahwa kandungan anethole yang terdapat pada adas mampu mengurangi NF-Kappa B (sejenis molekul yang menyebabkan peradangan) serta mampu mengatasi pertumbuhan tumor.

  • Menenangkan Bayi Kolik

Bayi yang mengalami kolik biasanya akan ditandai dengan menangis dalam jangka waktu yang lama setiap hari bahkan hingga berminggu-minggu serta lebih rewel dari biasanya. Selain menyusui dan membuat bayi merasa lebih nyaman, masih ada cara lain untuk mengatasi bayi kolik. Yakni sang ibu harus mengkonsumsi teh adas, hal ini dikarenakan makanan atau minumaan apapun yang dikonsumsi oleh ibu maka kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam makanan atau minuman tersebut akan secara otomati ikut terbawa dalam ASI. Karena kandungan adas dapat mengatasi bayi kolik, maka ketika bayi anda minum ASI maka kandungan adas yang terdapat di dalam ASI akan secara otomatis mengatasi kolik pada bayi.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa penggunaan adas sebagai obat tradisional atau obat herbal terbukti efektif untuk mengatasi kolik, bahkan menurut data penggunaan adas 65% lebih efektif dari pada pengobatan dokter atau terapi. Dan tidak mengganggu system pencernaan bayi dan tidak menimbulkan efek samping pada bayi. Hal ini dikarenakan kandunga pada adas mampu mengurangi kejang usus dan meningkatkan motilitas usus kecil, sehingga akan mengurangi gejala sakit lambung dan rasa tidak nyaman pada system pencernaan.

  • Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Kebanyakan wanita pasti akan merasakan sakit atau nyeri pada saat mereka menstruasi atau haid, hal ini biasanya di pengaruhi karena stress dan diet. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan adas, kandungan yang terdapat di dalam adas mampu membantu mengendurkan otot-otot di dalam tubuh serta mengandung nutrisi anti-inflasi, antispasmodic, dan antioksidan yang mampu mengurangi rasa sakit pada saat haid. Sebuah studi pada athun 2012 menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kapsul 30mg ekstrak adas dapat mengurangi rasa nyeri dan rasa sakit saat haid atau menstruasi. Konsumsilah kapsul ekstrak adas ini sebanyak 3-4 kali sehari selama 3 hari pertama menstruasi.


Demikianlah pembahasan tentang Manfaat Adas Untuk Kesehatan yang dapat kami berikan untuk anda, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Informasi ini dari sehatterbaik.blogspot.co.id yang selalu memberikan tips dan informasi seputar kesehatan hanya untuk anda. Masih banyak informasi lainnya yang bisa anda lihat disini seperti Obat Herbal Untuk Flu.


Demikianlah Artikel Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Sekianlah artikel Manfaat Adas Untuk Kesehatan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Adas Untuk Kesehatan dengan alamat link https://sehatberjamaah.blogspot.com/2016/08/manfaat-adas-untuk-kesehatan.html

Subscribe to receive free email updates: