Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi - Hallo sahabat Info Kesehatan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info, Artikel Kabar, Artikel Kesehatan, Artikel News, Artikel Obat Herbal, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi
link : Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

Baca juga


Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi - Imunisasi atau vaksinasi merupakan salah satu hal yang sangat efektif untuk mencegah bayi terjangkit penyakit atau virus. Seperti yang kita tau bahwa system kekebalan bayi masih dalam proses perkembangan atau belum sempurna sehingga rawan terjangkit penyakit dan terkena virus berbahaya, oleh karena itu pemberian vaksin atau imuniasi sangat penting di lakukan untuk bayi, karena hal ini bertujuan agar system kekebalan bayi bisa bertahan melawan penyakti dan virus. Imunisasi atau vaksinasi sendiri di berikan pada bayi di usia-usia tertentu, dan biasanya di berikan vaksinasi di berikan dengan metode penyuntikan, dan imunisasi ini wajib di berikan pada masa perkembangan bayi.

Namun meskipun bermanfaat untuk mencegah pennyakit dan memperkuat system imun bayi, namun imuniasasi sendiri memiliki efek samping pada bayi. Efek samping yang umum dialami oleh bayi pasca penyuntikan vaksin yaitu demam, suhu tubuh meningkat, nyeri atau sakit pada area yang di suntik, nafsu makan menurun, dan akhirnya hal ini akan menyebabkan bayi menjadi rewel dan menagis dalam jangka waktu yang lumayan lama. Namun anda tidak perlu khawatir jika anak anda mengalami hal tersebut, karena efek samping tersebut merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya, ini berkaitan pada tubuh bayi yang masih sensitive dan dalam masa perkembangan sehingga tubuh bayi akan memberikan respon seperti naiknya suhu tubu ketika ada vaksin yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini beberapa Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi :


Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi


  • Menggendongnya

Menurut beberapa penelitian menemukan bahwa bayi akan merasa lebih tenang ketika berada dekat dengan orangtuanya, khususnya pada sang ibu. Dekapan hangat dan penuh kasing saying dari seorang ibu akan mengurangi kegelisahan dan rasa nyeri pada bayi setelah ia di suntik vaksin. Namun akan lebih baik jika anda menggendong bayi anda, hal ini akan membuat bayi anda semakin merasa tenang dan tidak gelisah lagi dan akan mengalihkan perhatian bayi dari rasa sakit akibat di suntik vaksin atau imunisasi.

  • Menyusui bayi anda

Dengan menyusui bayi anda maka, akan membantu meringankan rasa sakit atau efek samping yang dialami bayi setelah di vaksin. Sebuah penelitian menemukan bahwa bayi yang di susui oleh sang ibu setelah ia di vaksin cenderung akan merasa lebih tenang dan tidak menangis. Hal ini dikarenakan perhatian bayi akan teralihkan dengan cepat ketika ia menyusu pada ibu, dan akan mengurangi rasa sakit pasca imunisasi secara tidak langsung. Atau jika bayi anda sudah belajar makan, anda juga bisa memberinya makan setelah di vaksin atau di imunisasi.

  • Menghibur bayi anda

Bayi yang perhatiannya teralihkan baik pada waktu di imunisasi ataupun pasca di imunisasi cenderung tidak menangis dan tidak merasakan gelisah. Hal ini di karenakan jika perhatiannya teralihkan maka bayi akan lupa pada rasa sakit yang dialaminya pada saat di imunisasi maupun setelah di imunisasi. Caranya cukup mudah, bisa dengan memberikan mainan favorit, mengajak bermain bayi anda, atau dengan menonton film favorit bayi anda dan memutar music kesukaan bayi anda. Dengan cara begini maka perhatian bayi anda akan teralihkan dan bayi anda akan merasa senang.

  • Mengurut atau memijat lembut

Setelah bayi di beri atau di suntik vaksin, ada baiknya anda mengurut atau memijat tubuh bayi anda secara perlahan dan lembut pada area disekitar suntikan. Sebuah studi menunjukan bahwa bayi maupun orang dewasa yang di pijat ringan pada area sekitar suntikan cenderung akan mengurangi rasa sakit akibat di suntik vaksin.

  • Berkonsultasi pada dokter

Ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan imunisasi pada bayi anda. Konsultasikan segala hal yang perlu anda ketahui tentang efek samping imunisasi dan cara menenagkan bayi pasca imunisasi, dan juga vaksin yang aman dan cocok untuk bayi anda. Karena bayi memiliki system kekebalan tubuh yang berbeda-beda.


Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi yang dapat kami berikan untuk anda, semoga bermanfaat dan bisa berguna untuk anda. Infomasi ini dari sehatterbaik.blogspot.co.id yang selalu memberikan tips dan informasi seputar kesehatan untuk anda. Masih banyak informasi kesehatan lainnya yang dapat anda lihat disini seperti Tanda-tanda Datang Bulan


Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi

Sekianlah artikel Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mengatasi Bayi Rewel Setelah Imunisasi dengan alamat link https://sehatberjamaah.blogspot.com/2016/08/cara-mengatasi-bayi-rewel-setelah.html

Subscribe to receive free email updates: